Sekilas Sutta (Bag. Anguttara Nikaya): 6 Berkah Pemasuk Arus (Sotapanna)

Enam Berkah Pemasuk Arus 

Pemasuk arus disebut juga dengan Sotapanna (yang merealisasi magga-phala dari Sotapatti / tingkat kesucian pertama). Berbicara tentang tingkat kesucian ada 4 tingkatan kesucian yaitu: Sotapatti Magga-Phala, Sakadagami Magga-phala, Anagami Magga-Phala, dan Arahatta Magga-Phala. Menjadi seorang pemasuk arus merupakan tahap awal untuk memutus rantai kehidupan-kematian yang telah berlangsung berulang-ulang. Ketika seseorang telah mencapai tingkatan Sotapatti, ia akan memperoleh manfaat berikut, seperti yang dijelaskan dalam Anguttara Nikaya:
“Para bhikkhu, ada enam manfaat dalam merealisasikan buah memasuki-arus. Apakah enam ini?

(1) Seseorang kokoh dalam Dhamma sejati;
Seseorang telah memiliki keyakinan terhadap Tiratana yang begitu kuat, sehingga ia meyakini dan kokoh melaksanakan Dhamma.

(2) Ia tidak mampu mengalami kemunduran;
Ia tidak mampu mengalami kemunduran dalam keyakinan ataupun perbuatan ataupun tekadnya untuk menuju pembebasan, karena ia telah melenyapkan belenggu keraguan (vicikiccha), ia telah menemukan Dhamma yang tepat untuk menuntunnya menuju pembebasan karena ia telah melenyapkan belenggu pandangan salah tentang adanya diri yang kekal(sakkaya-ditthi) dan kepercayaan terhadap ritual yang membebaskan (silabbataparamasa).  Meskipun Dhamma tidak terlalu mudah dicerna, dia tidak akan mundur karena dia telah meyakini bahwa Dhamma adalah penuntun menuju pembebasan dari derita ini. Ia tidak akan mer terlahir di alam-alam rendah, oleh karena itu ia telah membatasi penderitaannya. 

(3) Penderitaannya terbatas;
Maksudnya adalah, seorang Sotapanna telah menentukan batas kelahirannya. Seorang Sotapanna akan terlahir maksimal 7 kali kelahiran hingga ia mencapai pembebasan mutlak (Nibbana). 

(4) Ia memiliki pengetahuan yang tidak dimiliki orang lain;
Maksudnya adalah ia memiliki pengetahuan supra duniawi karena sotapatti magga-phala telah dicapainya

(5) Ia telah dengan jelas melihat sebab-akibat;
Seorang pemasuk arus dapat mengerti hukum kamma. Karena keyakinan terhadap Tiratana dan perolehan dari pengetahuan supra duniawi nya, ia mengerti bahwa perbuatan baik akan menuai akibat baik, dan sebaliknya.

(6) Ia telah dengan jelas melihat fenomena-fenomena yang muncul melalui sebab-akibat.
Seorang pemasuk arus dapat mengetahui dan mengerti segala fenomena terjadi dalam rantai sebab-akibat. Ia mengetahui hukum empat kebenaran mulia.

Ini adalah keenam manfaat dalam merealisasikan buah memasuki-arus."


Salam Metta ^^


Sumber bacaan:
Anguttara Nikaya - Chakka Nipata

Posting Komentar

0 Komentar