Review Buku
Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama) tahun 2017 karya Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.
Identitas Buku
Judul buku: Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan
Pengembangan
Penulis: Herman Dwi Surjono
ISBN: 978-602-5566-11-0
Edisi: Pertama, Oktober 2017
Diterbitkan dan dicetak oleh: UNY Press
Penyunting Bahasa: Fitriyanti
Desain Isi & Cover: Masruri
Review
Buku ini membahas
tentang konsep multimedia pembelajaran interaktif dan dasar pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif. Terdiri dari 5 bab yaitu Bab 1. Multimedia,
Bab 2. Prinsip Multimedia Pembelajaran, Bab 3. Multimedia Pembelajaran
Interaktif, Bab 4. Pengembangan MPI, dan Bab 5. Evaluasi Multimedia. Pada
bagian pengantar buku dijelaskan garis besar bab, ini mempermudah pembaca untuk
mengetahui sekilas isi masing-masing bab. Setiap bab terdiri dari pendahuluan, materi,
dan ringkasan. Berikut ini rincian isi masing-masing Bab:
Bab 1.
Multimedia
Pada bab ini dibahas mengenai
pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat
multimedia, distribusi multimedia, dan pemanfaatan multimedia.
Bab 2. Prinsip
Multimedia Pembelajaran
Pada bab ini dibahas mengenai
teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, aspek
multimedia pembelajaran.
Bab 3.
Multimedia Pembelajaran Interaktif
Pada bab ini dibahas mengenai
pengertian multimedia pembelajaran interaktif, level interaktivitas, strategi
penyajian multimedia pembelajaran interaktif, cara meningkatkan motivasi dalam
multimedia pembelajaran interaktif, dan komponen multimedia pembelajaran
interaktif.
Bab 4.
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif
Pada bab ini dibahas mengenai
model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif.
Bab 5. Evaluasi Multimedia
Pada bab ini dibahas mengenai kriteria kualitas multimedia
pembelajaran interaktif, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.
Secara keseluruhan
buku ini menyajikan informasi yang relatif lengkap sebagai panduan dasar pengembangan
multimedia pembelajaran interaktif. Dalam buku ini juga bahkan membahas tentang
tips-tips (prinsip-prinsip dan kriteria) memaksimalkan kualitas setiap elemen
multimedia (seperti: teks, gambar, animasi, video). Secara bahasa, tulisan
dalam buku ini komunikatif alias mudah untuk dimengerti pembaca. Mungkin hanya
ada sedikit hal yang memerlukan perbaikan seperti kesalahan pengetikan di beberapa
pembahasan.
Untuk tampilan
konten buku ini ada beberapa hal yang perlu perbaikan, yaitu pengurutan konten,
(seperti pengurutan sub bab, pengurutan materi terutama yang menjelaskan
tingkatan). Selain itu, terkait penggunaan simbol untuk menandai sub-sub
bahasan. Menurut saya, penggunaan penanda secara visual lebih enak dilihat
kalau berupa angka atau huruf ketimbang simbol dot (titik), sehingga pembaca
lebih mudah mengetahui urutan materi yang telah dibaca, seperti pada Bab 3,
khususnya bahasan level interaktivitas, dan pada beberapa bahasan lainnya. Namun,
untuk penggunaan simbol ini, sebenarnya tergantung konteks materinya apakah
memerlukan urutan atau tidak.
Kemudian, untuk
pelengkap tampilan yaitu pada gambar-gambar masih belum ada keterangan di
bawahnya. Sehingga mungkin bisa ditambahkan caption/keterangan/judul gambar pada
gambar. Dan juga, akan lebih tepat jika judul
Bab 5 ditulis sebagai berikut: Evaluasi Multimedia Pembelajaran Interaktif
ketimbang menuliskan Evaluasi Multimedia saja.
Mengenai
konten bahasan, menurut saya sudah lengkap, sehingga tidak perlu ada bab yang
ditambah. Kalaupun ada konten bahasan yang perlu ditambah mungkin bisa ditambahkan
pembahasan tentang efek multimedia pembelajaran interaktif, kelebihan dan
kekurangannya.
Review oleh: Maitri Septya Herdayani (22107251023)
0 Komentar