Review Buku - Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan


 Review Buku 

Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan (Edisi Pertama) tahun 2017 karya Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D.

 

Identitas Buku

Judul buku: Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan

Penulis: Herman Dwi Surjono

ISBN: 978-602-5566-11-0

Edisi: Pertama, Oktober 2017

Diterbitkan dan dicetak oleh: UNY Press

Penyunting Bahasa: Fitriyanti

Desain Isi & Cover: Masruri

 

Review

Buku ini membahas tentang konsep multimedia pembelajaran interaktif dan dasar pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Terdiri dari 5 bab yaitu Bab 1. Multimedia, Bab 2. Prinsip Multimedia Pembelajaran, Bab 3. Multimedia Pembelajaran Interaktif, Bab 4. Pengembangan MPI, dan Bab 5. Evaluasi Multimedia. Pada bagian pengantar buku dijelaskan garis besar bab, ini mempermudah pembaca untuk mengetahui sekilas isi masing-masing bab. Setiap bab terdiri dari pendahuluan, materi, dan ringkasan. Berikut ini rincian isi masing-masing Bab:

Bab 1. Multimedia

Pada bab ini dibahas mengenai pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia, distribusi multimedia, dan pemanfaatan multimedia.

Bab 2. Prinsip Multimedia Pembelajaran

Pada bab ini dibahas mengenai teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, aspek multimedia pembelajaran.

Bab 3. Multimedia Pembelajaran Interaktif

Pada bab ini dibahas mengenai pengertian multimedia pembelajaran interaktif, level interaktivitas, strategi penyajian multimedia pembelajaran interaktif, cara meningkatkan motivasi dalam multimedia pembelajaran interaktif, dan komponen multimedia pembelajaran interaktif.

Bab 4. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif

Pada bab ini dibahas mengenai model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif, dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif.

Bab 5. Evaluasi Multimedia

Pada bab ini dibahas mengenai kriteria kualitas multimedia pembelajaran interaktif, evaluasi formatif, dan evaluasi sumatif.

 

Secara keseluruhan buku ini menyajikan informasi yang relatif lengkap sebagai panduan dasar pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Dalam buku ini juga bahkan membahas tentang tips-tips (prinsip-prinsip dan kriteria) memaksimalkan kualitas setiap elemen multimedia (seperti: teks, gambar, animasi, video). Secara bahasa, tulisan dalam buku ini komunikatif alias mudah untuk dimengerti pembaca. Mungkin hanya ada sedikit hal yang memerlukan perbaikan seperti kesalahan pengetikan di beberapa pembahasan.

Untuk tampilan konten buku ini ada beberapa hal yang perlu perbaikan, yaitu pengurutan konten, (seperti pengurutan sub bab, pengurutan materi terutama yang menjelaskan tingkatan). Selain itu, terkait penggunaan simbol untuk menandai sub-sub bahasan. Menurut saya, penggunaan penanda secara visual lebih enak dilihat kalau berupa angka atau huruf ketimbang simbol dot (titik), sehingga pembaca lebih mudah mengetahui urutan materi yang telah dibaca, seperti pada Bab 3, khususnya bahasan level interaktivitas, dan pada beberapa bahasan lainnya. Namun, untuk penggunaan simbol ini, sebenarnya tergantung konteks materinya apakah memerlukan urutan atau tidak.

Kemudian, untuk pelengkap tampilan yaitu pada gambar-gambar masih belum ada keterangan di bawahnya. Sehingga mungkin bisa ditambahkan caption/keterangan/judul gambar pada gambar.  Dan juga, akan lebih tepat jika judul Bab 5 ditulis sebagai berikut: Evaluasi Multimedia Pembelajaran Interaktif ketimbang menuliskan Evaluasi Multimedia saja.

Mengenai konten bahasan, menurut saya sudah lengkap, sehingga tidak perlu ada bab yang ditambah. Kalaupun ada konten bahasan yang perlu ditambah mungkin bisa ditambahkan pembahasan tentang efek multimedia pembelajaran interaktif, kelebihan dan kekurangannya.

 

Review oleh: Maitri Septya Herdayani (22107251023)

Posting Komentar

0 Komentar